Senin, 27 Mei 2013

cara memperbaiki dispenser :)






Dispenser umumnya memiliki 2 mesin thermost. 1 thermost untuk memasak air dan 1 thermost untuk mendinginkan air. Suhu untuk thermost pemasak maksimal 85 derajat celcius. Sedangkan suhu untuk thermost pendingin minimun 15 derajat celcius.

Kerusakan dispenser yang sering aku temui di lapangan umumnya mati total. Untuk gejala kerusakan mati total ini cara memperbaikinya sangat mudah. Anda pun bisa memperbaiki sendiri pada dispenser anda. Biasanya kerusakannya pada kabel input, fuse atau switch ON/OFF. Caranya memperbaikinya, ikuti langkah berikut:
1. Buka box dispenser
2. Periksa kabel INPUT AC 220Volt
Jika rusak ganti dengan yang baru
3. Periksa FUSE (sekering), jika rusak ganti dengan yang baru
Ket: Fuse ini terbuat dari tabung kaca bening yang didalamnya terdapat kawat penghantar. Untuk menentukan rusak atau tidaknya bisa langsung dilihat dengan kasat mata. Sebaiknya gunakan MULTITESTER. Cara mengetesnya putar knop multitester pada range X1. Letakkan prob merah (+) dan prob hitam (-) multitester pada masing-masing ujung fuse. Fuse yang masih bagus jarum analog multitester akan menunjukkan angka 0.1 ohm.
4. Periksa SWITCH ON/OFF dispenser
Ket: Cara menentukan switch ini rusak atau tidak gunakan multitester. Putar knop multitester pada range X1 (Ohm Meter). Letakkan prob merah dan prob hitam multitester pada pin switch ON/OFF. Pencet switch pada posisi ON. Jika jarum analog menunjukkan angka NOL berarti switch dalam kondisi bagus.
Simpel dan mudah khan,,?
Saatnya sekarang anda memperbaiki sendiri dispenser anda yang rusak.
Selamat mencoba, semoga reparasi berhasil !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar